1. Manajemen strategik dapat
digunakan bidang organisasi bisnis dan non bisnis. Jelaskan dan apa manfaatnya
Jawab :
Manajemen
strategik adalah sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan
dan pelaksanaan rencana ang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan.
Manajemen strategis dapat digunakan dalam bisnis dan non bisnis yang terpenting
dalam suatu organisasi mempunyai tujuan yang akan dicapai. Dalam hal ini bidang
bisnis, manajemen strategik membantu mengorganisasi perusahaan agar mencapai
tujuan yang diinginkan.
Manfaat
manajemen strategik :
a)
Kegiatan
perumusan strategi memperkuat kemampuan perusahaan mencegah masalah
b)
Keputusan
strategik yang didasarkan pada kelompok mungkin sekali dihasilkan dari
alternatif terbaik yang ada
c)
Keterlibatan
kemajuan dalam perumusan strategi meningkatkan pemahaman mereka akan adanya
hubungan produktivitas imbalan di setiap rencana strategik sehingga dapat
meningkatkan motivasi mereka.
d)
Senjang
dan tumpang tindih kegiatan di antara individu dan kelompok berkurang karena
partisipasi dalam perumusan strategi memperjelas adanya perbedaan peran
masing-masing.
e)
Penolakan
terhdap perubahan berkurang
2.
Mengapa manajer puncak
perusahaan merumuskan Visi dan Misi perusahaan dan faktor apa yang perlu
saudara pertimbangkan
Jawab :
Sebagai
manajer puncak harus menyusun visi dan misi yang baik dan jelas serta padat.
Visi dan misi dibuat sebagai landasan perusahaan untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Misi menggambarkan alasan keberadaan suatu organisasi. Pernyataan
misi menjawab pertanyaan paling penting, “Apakah bisnis kita?” terkadang misi
diistilahkan sebagai pernyataan keyakinan, sebuah pernyataan maksud, pernyataan
filosofi, pernyataan prinsip bisnis atau pernyataan yang “menentukan bisnis
kita”, pernyataan misi menjelaskan ingin menjadi apa suatu organisasi dan siapa
sajakah yang coba dilayaninya.
Faktor
yang perlu dipertimbangkan dalam merumuskan visi dan misi
a) Visi tidak berdasarkan kondisi
saat ini atau masa lampau melainkan berorientasi jauh ke depan akan apa yang
hendak dicapai pada masa yang akan datang. Namun, sejarah dapat dijadikan bahan
pertimbangan.
b) Sumber daya yang dimiliki
serta kompetesi haruslah merupakan hal-hal yang diperhitungkan.
c) Selain itu visi menyangkut
suatu imajinasi akan posisi organisasi tersebut dan pergerakannya di dalam
lingkungannya.
3.
Buat analisa Model Manajemen
Strategik Freed David dan jelaskan tahapan lengkapi dengan contoh portopolio
saudara sebagai mahasiswa
Jawab
:
Sebagai
mahasiswa, visinya yaitu lulus dengan nilai terbaik dengan manjalankan misi
yaitu IPK ≥ 3,25. Dengan menetapkan tujuan-tujuan jangka panjang yaitu dengan
kehadiran kuliah kalau bisa 100% masuk terus, mengusahakan emndapat nilai
paling rendah B. Langkah selanjutnya menciptakan, mengevaluasi, dan memilih
dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas kampus yang tersedia, membuat atau
mengikuti kelompok belajar, ikut acara-acara seminar yang diadakan. Tahap
selanjutnya mengukur dan mengevaluasi konerja, apakah sudah memenuhi atau
mencapai visi dan misi yang dijalankan, dan mengevaluasi apakah tahapan-tahapan
ini memberikan efek positif terhadap mahasiswa.
4.
Faktor apa saja yang
dipertimbangkan dalam melakukan evaluasi faktor internal perusahaan, Jelaskan
statemen tersebut dan lengkapi dengan matriknya
Jawab
:
Faktor yang dipertimbangkan
dalam melakukan evaluasi faktor internal
a)
Manajemen
mencakup : perencanaan, pengorganisasian, penempatan staff, controling
b)
Pemasaran
mencakup : analisis konsumsi, penjualan, perencanaan produk/jasa, penetapan
harga, distribusi, riset pemasaran
c)
Keuangan
mencakup : fungsi akuntansi dan analisis rasio
d)
Produksi
atau operasi
e)
Penelitian
dan pengembangan
f)
Sistem
informasi
5.
Buat analisis industri menurut
Teori Porter dari industri air mineral di Indonesia
Jawab
:
STRATEGI GENERIK
|
|||
Kepemimpinan
Biaya
|
Differensiasi
|
Fokus
|
|
Besar
|
Tipe
1
Tipe
2
|
Tipe
3
|
|
Kecil
|
Tipe
3
|
Tipe
4
Tipe 5
|
Melihat
kondisi investasi di Indonesia dimana terdapat banyak pemian di dalamnya, maka
yang cocok adalah tipe 3, yaitu diferensiasi yang bertujuan untuk menghasilkan
produk yang dianggap unik di industri dan diarahkan kepada konsumen yang
relatif peka terhadap harga.
6.
Buat analisa SWOT Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
Jawab
:
a)
Strength
·
Memiliki
program PPAT.
·
Memiliki
banyak dosen tetap.
·
Terdapat
rung baru pindahan fakultas psikologi.
b)
Weakness
·
Terjadi
asimetris infromasi.
·
Koneksi
internet kurang baik.
·
Sering
terjadi kelas yang penuh.
c)
Opportunity
·
Menjadi
media pengembangan praktis akuntansi.
·
Akses
ke lokasi mudah.
·
Dapat
meningkatkan peluang PMB yang lebih banyak.
d)
Threat
·
Banyaknya
protes terkait koneksi internet yang tidak baik.
·
Area
kampus yang banyak memiliki akses masuk menyebabkan keamanan rawan.
7.
Buat model analisa Boston
Consultan Group (BCG) untuk perusahaan otomotif (PT. Astra)
Jawab
:
Industri
otomotif sekarang ini adalah industri yang berkembang pesat dengan pangsa pasar
yang tinggi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif berada
diposisi bintang (kuadran II). Strategi yang cocok untuk ditetapkan adalah
integrasi belakang dan integrasi horizontal. Selain itu digunakan juga
penetrasi pasar, pengembangan pasar serta pengembangan produk
No comments:
Post a Comment