Friday, November 13, 2015

Soal-Jawaban Manajemen Stratejik



1.        Manajemen strategik dapat digunakan bidang organisasi bisnis dan non bisnis. Jelaskan dan apa manfaatnya
Jawab :
Manajemen strategik adalah sekumpulan keputusan dan tindakan yang menghasilkan perumusan dan pelaksanaan rencana ang dirancang untuk mencapai sasaran perusahaan. Manajemen strategis dapat digunakan dalam bisnis dan non bisnis yang terpenting dalam suatu organisasi mempunyai tujuan yang akan dicapai. Dalam hal ini bidang bisnis, manajemen strategik membantu mengorganisasi perusahaan agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Manfaat manajemen strategik :
a)     Kegiatan perumusan strategi memperkuat kemampuan perusahaan mencegah masalah
b)     Keputusan strategik yang didasarkan pada kelompok mungkin sekali dihasilkan dari alternatif terbaik yang ada
c)     Keterlibatan kemajuan dalam perumusan strategi meningkatkan pemahaman mereka akan adanya hubungan produktivitas imbalan di setiap rencana strategik sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka.
d)     Senjang dan tumpang tindih kegiatan di antara individu dan kelompok berkurang karena partisipasi dalam perumusan strategi memperjelas adanya perbedaan peran masing-masing.
e)     Penolakan terhdap perubahan berkurang

2.           Mengapa manajer puncak perusahaan merumuskan Visi dan Misi perusahaan dan faktor apa yang perlu saudara pertimbangkan
Jawab :
Sebagai manajer puncak harus menyusun visi dan misi yang baik dan jelas serta padat. Visi dan misi dibuat sebagai landasan perusahaan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Misi menggambarkan alasan keberadaan suatu organisasi. Pernyataan misi menjawab pertanyaan paling penting, “Apakah bisnis kita?” terkadang misi diistilahkan sebagai pernyataan keyakinan, sebuah pernyataan maksud, pernyataan filosofi, pernyataan prinsip bisnis atau pernyataan yang “menentukan bisnis kita”, pernyataan misi menjelaskan ingin menjadi apa suatu organisasi dan siapa sajakah yang coba dilayaninya.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam merumuskan visi dan misi
a)     Visi tidak berdasarkan kondisi saat ini atau masa lampau melainkan berorientasi jauh ke depan akan apa yang hendak dicapai pada masa yang akan datang. Namun, sejarah dapat dijadikan bahan pertimbangan.
b)     Sumber daya yang dimiliki serta kompetesi haruslah merupakan hal-hal yang diperhitungkan.
c)     Selain itu visi menyangkut suatu imajinasi akan posisi organisasi tersebut dan pergerakannya di dalam lingkungannya.

3.           Buat analisa Model Manajemen Strategik Freed David dan jelaskan tahapan lengkapi dengan contoh portopolio saudara sebagai mahasiswa
Jawab :
Sebagai mahasiswa, visinya yaitu lulus dengan nilai terbaik dengan manjalankan misi yaitu IPK ≥ 3,25. Dengan menetapkan tujuan-tujuan jangka panjang yaitu dengan kehadiran kuliah kalau bisa 100% masuk terus, mengusahakan emndapat nilai paling rendah B. Langkah selanjutnya menciptakan, mengevaluasi, dan memilih dengan memanfaatkan fasilitas-fasilitas kampus yang tersedia, membuat atau mengikuti kelompok belajar, ikut acara-acara seminar yang diadakan. Tahap selanjutnya mengukur dan mengevaluasi konerja, apakah sudah memenuhi atau mencapai visi dan misi yang dijalankan, dan mengevaluasi apakah tahapan-tahapan ini memberikan efek positif terhadap mahasiswa.

4.           Faktor apa saja yang dipertimbangkan dalam melakukan evaluasi faktor internal perusahaan, Jelaskan statemen tersebut dan lengkapi dengan matriknya
Jawab :
Faktor yang dipertimbangkan dalam melakukan evaluasi faktor internal
a)     Manajemen mencakup : perencanaan, pengorganisasian, penempatan staff, controling
b)     Pemasaran mencakup : analisis konsumsi, penjualan, perencanaan produk/jasa, penetapan harga, distribusi, riset pemasaran
c)     Keuangan mencakup : fungsi akuntansi dan analisis rasio
d)     Produksi atau operasi
e)     Penelitian dan pengembangan
f)       Sistem informasi


5.           Buat analisis industri menurut Teori Porter dari industri air mineral di Indonesia
Jawab :

STRATEGI GENERIK

Kepemimpinan
Biaya

Differensiasi

Fokus
Besar
Tipe 1
Tipe 2

Tipe 3

Kecil


Tipe 3
Tipe 4
Tipe 5

Melihat kondisi investasi di Indonesia dimana terdapat banyak pemian di dalamnya, maka yang cocok adalah tipe 3, yaitu diferensiasi yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang dianggap unik di industri dan diarahkan kepada konsumen yang relatif peka terhadap harga.

6.           Buat analisa SWOT Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila
Jawab :
a)     Strength
·        Memiliki program PPAT.
·        Memiliki banyak dosen tetap.
·        Terdapat rung baru pindahan fakultas psikologi.


b)     Weakness
·        Terjadi asimetris infromasi.
·        Koneksi internet kurang baik.
·        Sering terjadi kelas yang penuh.

c)     Opportunity
·        Menjadi media pengembangan praktis akuntansi.
·        Akses ke lokasi mudah.
·        Dapat meningkatkan peluang PMB yang lebih banyak.

d)     Threat
·        Banyaknya protes terkait koneksi internet yang tidak baik.
·        Area kampus yang banyak memiliki akses masuk menyebabkan keamanan rawan.

7.           Buat model analisa Boston Consultan Group (BCG) untuk perusahaan otomotif (PT. Astra)
Jawab :
Industri otomotif sekarang ini adalah industri yang berkembang pesat dengan pangsa pasar yang tinggi sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif berada diposisi bintang (kuadran II). Strategi yang cocok untuk ditetapkan adalah integrasi belakang dan integrasi horizontal. Selain itu digunakan juga penetrasi pasar, pengembangan pasar serta pengembangan produk

No comments: